Rabu, 23 Mei 2012

SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)


SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) adalah protokol TCP / IP yang digunakan dalam mengirim dan menerima e-mail. Namun karena terbatas pada kemampuannya untuk antrian pesan di sisi penerima, biasanya menggunakan salah satu dari dua protokol ini, yaitu POP3 (Post Office Protocol versi 3) dan IMAP (Internet Message Access Protocol) yang memungkinkan pengguna menyimpan pesan dalam kotak surat (mailbox) server dan men-download secara berkala dari server. Dengan kata lain, pengguna biasanya menggunakan sebuah program yang menggunakan SMTP untuk mengirim e-mail dan baik POP3 atau IMAP untuk menerima e-mail. Di sistem berbasis Unix, server SMTP yang paling banyak digunakan untuk e-mail adalah sendmail. Sebuah paket komersial, Sendmail termasuk server POP3. Dalam Microsoft Exchange sudah mencakup server SMTP dan juga dapat diatur untuk menyertakan dukungan POP3.
SMTP biasanya diimplementasikan untuk beroperasi melalui Internet Port 25 atau Port 26 (secure). Alternatif lain untuk SMTP yang banyak digunakan di Eropa adalah X.400. Banyak mail server sekarang mendukung Extension Simple Mail Transfer Protocol ( ESMTP ), yang memungkinkan file multimedia untuk dikirim sebagai e-mail.

Daftar acuan : http://dq-online.com/index.php?option=com_content&view=article&id=70:simple-mail-transfer-protocol&catid=50:network&Itemid=64

Tidak ada komentar:

Posting Komentar