Sabtu, 26 Mei 2012

Konsep Cara Kerja Router


ROUTER adalah suatu alat pada dunia komputer yang berguna untuk membelokkan data dari suatu sistem jaringan ke sistem yang lain. Logikanya sebuah sistem jaringan tidak dapat berpindah ke sistem yang lain. Exp Sis A. Menggunakan IP 192.168.1.1 dan Sis B. Menggunakan IP 192.168.2.1 Maka Kompi yang menggunakan Sis A tidak dapat melakukan komunikasi dengan Sis B tanpa Router.
Pertayaan Yang Muncul Kemudian :
Bagaimana Router dapat menentukan rute dari sekian banyak router yang dilalui untuk mengantarkan paket data?

Jika  network  kita  tidak  memiliki  router,  maka  jelas  kita tidak  melakukan  routing. Router melakukan routing lalu lintas data ke semua network di  internetwork. Agar kita bisa melakukan routing paket, sebuah router harus  mengetahui paling sedikit hal-hal berikut :

1.  Alamat tujuan.
2.  Router-router tetangga (neighbor routers) dari mana sebuah router bisa  mempelajari tentang network.
3.  Route yang mungkin dapat dilalui.
4.  Route terbaik untuk mengirim paket data.

Pembentukan Routing Tabel (Mengenali router Tetangga)
Dalam mengantarkan paket data satu router dengan router lain tidak saling mengetahui kecuali bila router satu dengan router lain terhubung secara langsung. 

Router 1 hanya mengenali router 2 dan 3 karna terhubung langsung dan tidak mengenali router 4,5 dan 6 karna tidak terhubung secara langsung.

Disinilah di perlukan routing tabel. Lalu apa itu tabel routing? Tabel routing adalah pertukaran informasi antara satu router dengan router lain. Satu router mengirim sejumlah paket ke pada router lain, lalu kemudian router tersebut membalas pengiriman paket data tersebut maka terjadilah pertukaran informasi antara satu router dengan router lain. Lalu roter yang dikirimi tersebut juga melakukan hal yang sama kepada router yang berhubungan langsung dengannya.


Rute Terbaik Untuk Mengirim Paket Data
Setelah Router mengenali router-router tetangga maka pekerjaan selanjutnya yang dilakukan oleh router adalah mengecek router mana yang dapat dilalui dengan cepat atau router mana yang tidak kelebihan beban.

Lalu Bagaimana Router melakukan hal itu?
Suatu Router akan mengirim paket data (semacam ‘ping’) kepada router-router tetangga, yang mana dari router-router tetangga itu yang me-reply kiriman itu lebih cepat maka Router pengirim telah mengetahui router mana yang dapat dilalui lebih cepat. Begitu seterusnya hingga sampai pada alamat yang dituju.

Sebelumnya, tolong beritahu kami melalui komentar anda jika terdapat kesalahan mengenai arikel ini. Mengenai gambar ilustrasi yang kurang baik saya memohon maaf, ini merupakan kekurangan yang akan diperbaiki dikemudian hari.


Daftar acuan : http://www.katakan-hey.com/2011/11/konsep-cara-kerja-router.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar