Rabu, 23 Mei 2012

Hypertext Transfer Protocol (HTTP)


Hypertext Transfer Protocol (HTTP)
 
Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah [4] suatu protocol yang menentukan aturan yang perlu diikuti oleh web browser dalam meminta atau mengambil suatu dokumen, dan oleh web server dalam menyediakan dokumen yang diminta web browser.
HTTP bisa dianggap sebagai sistem yang bermodel client-server. Browser web, sebagai clientnya, mengirimkan permintaan kepada server web untuk mengirimkan dokumen-dokumen web yang dikehendaki pengguna. Server web lalu memenuhi permintaan ini dan mengirimkannya melalui jaringan kepada browser. Setiap permintaan akan dilayani dan ditangani sebagai suatu koneksi terpisah yang berbeda.
HTTP bekerja di atas TCP (Transmission Control Protocol) yang menjamin sampainya data pada tujuan dalam urutan yang benar. Dalam arti yang sederhana, TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) nama keluarga protokol jaringan, yaitu protokol yang mengidentifikasikan sebuah komputer yang terhubung di dalam jaringan. TCP/IP memiliki teknik mengidentifikasi dengan menggunakan penomoran yang dinamakan Nomor IP/IP address (Internet Protocol Address). Dengan menggunakan nomor ini sebuah komputer dapat terhubung dengan komputer lain dalam sebuah jaringan atau dalam jaringan global yang disebut Internet.
TCP/IP dirancang untuk menjadi komponen perangkat lunak dari suatu jaringan. Semua bagian dalam keluarga TCP/IP memiliki tugas tersendiri, misalnya mengirimkan e-mail, men-transfer file, menyediakan layanan login jarak jauh (remote login) dan menangani informasi routing jaringan. Protokol TCP bertanggung jawab memecah informasi ke dalam beberapa paket, sedangkan IP bertanggung jawab mengangkut (mentransfer) paket-paket tersebut sesuai tujuannya, kemudian TCP bertugas menyatukan kembali paket-paket itu ke urutan yang benar.
Bila suatu kesalahan terjadi selama proses pengiriman, pihak pengirim akan mendapatkan pemberitahuan bahwa telah terjadi ketidakberesan. Karena server dan client tidak harus menyediakan mekanisme untuk memeriksa kesalahan transmisi data, yang berarti mempermudah pekerjaan pemrograman. Namun demikian HTTP tidak memiliki apa yang disebut session, seperti halnya FTP, yang menjaga hubunjgan antara client dan server secara konsisten. Setiap halaman web yang dikirim akan melibatkan satu proses penyambungan antara client dan server, baru kemudian datanya ditransfer. Setelah selesai data ditranfer, koneksi antara server dan client akan diputus. Sifatnya ini yang membuat HTTP sering disebut dengan istilah protokol hit-and-run.
Layanan dalam TCP/IP yang berbeda dikelompokan menurut fungsi-fungsinya. Protokol-protokol transport mengendalikan pergerakan data antara dua mesin, dajn mencakup.
1.      TCP (Transmission Control Protocol)
Protokol ini bersifat connection-based, artinya kedua mesin pengirim dan penerima tersambung dan berkomunikasi satu sama lain sepanjang waktu.
2.      UDP (User Datagram Protocol)
Protokol ini bersifat connectionless (tanpa koneksi), artinya data dikirim tanpa kedua mesin penerima dan pengirim saling berhubungan. Ini seperti mengirim surat lewat kantor pos, surat dikirim oleh pengirim namun ia tidak pernah bisa tahu apakah surat tersebut sampai di tujuan atau tidak.
Sementara itu ada pula protokol-protokol routing untuk menangani pengalamatan (addressing) data dan menentukan jalur terbaik untuk mencapai tujuan. Protokol-protokol tersebut juga bertanggung jawab untuk memecahkan informasi-informasi ukuran besar dan menyusunnya kembali pada tujuan. Protokol-protokol tersebut antara lain.
a. IP (Internet Protokol), menangani transmisi data yang sebenarnya.
b. ICMP (Internet Control Message Control Protocol), menangani informasi status untuk IP, seperti error (kesalahan) dan perubahan-perubahan dalam perangkat keras jaringan yang mempengaruhi routing (penentuan jalur).
c. RIP (Routing Information Protocol) dan OSPF (Open Shortest-Path First), yaitu satu dari berbagai protokol yang menentukan metode routing terbaik untuk menyampaikan data.

Daftar acuan : http://nakblogonline.com/hypertext-transfer-protocol-http/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar